Cabup Dukungan PA Unggul


Selasa, 3 Juli 2012 09:49 WIB
* Hasil Agara tak Bisa Diakses

MEULABOH – Tiga pasangan cabup/cawabup yang diusung maupun didukung Partai Aceh (PA) dilaporkan unggul sementara pada Pilkada putaran kedua di Aceh Barat, Nagan Raya, dan Aceh Barat Daya (Abdya), Senin (2/7). Sedangkan hasil sementara Pilkada Agara, hingga tadi malam belum bisa diakses sama sekali, baik dari Desk Pilkada, KIP, maupun posko-posko kandidat.

Seperti diketahui, ada tiga kabupaten di Aceh yang melaksanakan pilkada putaran kedua, yaitu Aceh Barat, Nagan Raya, dan Abdya.

Untuk Aceh Barat, pasangan yang bertarung pada putaran kedua, adalah HT Alaidinsyah (H Tito)/Rachmat Fitri HD dan H Ramli MS/Moharriadi. Di Nagan Raya, HT Zulkarnaini/HM Jamin Idham dan H Asib Amin/Djasmi Has MM, dan di Abdya Ir Jufri Hasanuddin/Yusrizal Razali dan Ir M Fakhruddin/Drs HT Burhanuddin Sampe MM.

Sedangkan di Agara, pilkada yang juga dilaksanakan Senin (2/7) merupakan putaran pertama diikuti tujuh pasangan cabup/cawabup, yaitu Drs Raidin Pinim MAP/H Muslim Aiyub SH MM, Ir H Hasanuddin B MM/Ali Basrah Spd MM, Drs H Rajidin MAP/Dr Sarim Spt MM, H Armen Desky/Tgk Appan Js, Drs H Marthin Desky/Hj Kamasiah SAg, H Amri Selian/Drs Muhammad Riduan SKD, dan M Ridwan Sekedang/Ir Erwin Sofyan Sihombing.

Hingga pukul 23.00 WIB malam tadi, Serambi tidak mendapatkan akses sama sekali menyangkut hasil perolehan suara sementara Pilkada Agara. (Lihat: Ini bukan Konsumsi Publik)

Aceh Barat
Data yang diterima Serambi dari Desk Pilkada Aceh Barat tadi malam menyebutkan, pasangan HT Alaidinsyah/H Rahmat Fitri HD telah mengumpulkan 50.015 suara (56,04 persen). Sedangkan H Ramli MS/Moharriadi 39.229 suara (43,96 persen).

Kakan Kesbang Aceh Barat, TM Ali menjelaskan, data yang direkap oleh Desk Pilkada Pemkab Aceh Barat adalah data untuk kalangan sendiri, bukan untuk disampaikan ke publik. Namun ia mengukui data yang direkap pihaknya sudah final, yakni hanya satu desa saja yang masih belum masuk ke Desk Pilkada karena ada persoalan.

Ketua KIP Aceh Barat, Mahrizal SE mengatakan, pihaknya belum memperoleh data siapa yang unggul dalam pilkada putaran kedua tersebut. “Kita akan umumkan hasilnya pada rapat pleno yang dijadwalkan 6-8 Juli 2012,” kata Mahrizal.

Pihak KIP maupun Pj Bupati Aceh Barat, Ridwan Hasan menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya pilkada putaran kedua di kabupaten tersebut.

Nagan Raya
Data dari KIP Nagan Raya yang diperoleh Serambi pukul 21.55 WIB tadi malam, pasangan HT Zulkarnaini/HM Jamin Idham telah mengumpulkan 43.640 suara atau sekitar 51,19 persen. Sedangkan rivalnya, H Asib Amin/Djasmi Has MM membayangi pada angka 41.608 atau sekitar 48,81 persen.

“Ini baru data sementara, karena kami terus menghimpun data dari setiap desa dan kecamatan di Nagan Raya,” kata Sekretaris KIP Nagan Raya, Abdul Karim SP.

Menurutnya, total suara yang sudah masuk di KIP Nagan Raya dari seluruh kecamatan mencapai 85.248 suara dari jumlah pemilih tetap 103.962 jiwa. Itu artinya masih ada sisa sebanyak 18.714 suara.

Muspida Nagan Raya dipimpin Pj Bupati H Azwir SSos bersama Kapolres AKBP Heri Heryandi, Dandim Letkol Inf Yunardi, dan pejabat lainnya ikut memantau jalannya pesta demokrasi di wilayah itu, Senin kemarin. “Alhamdulillah berjalan lancar,” kata Pj Bupati Nagan Raya.

Abdya
Dari Desk Pilkada Abdya diperoleh data sementara pasangan Ir Jufri Hasanuddin/Yusrizal Razali masih unggul tipis dari pasangan Ir M Fakhruddin/Drs HT Teungku Burhanuddin Sampe MM.

Berdasarkan rekapitulasi sementara oleh Desk Pilkada Abdya, Ir Jufri Hasanuddin/Yusrizal Razali memperoleh 37.065 suara (51,17 persen) dari total suara sah yang masuk 72.442. Sedangkan Ir M Fakhruddin/Drs HT Teungku Burhanuddin Sampe MM meraih 35.377 suara (48,83 persen).

Ketua Desk Pilkada Abdya, Drs Yufrizal S Umar MSi mengatakan, seluruh TPS yang berjumlah 250 TPS dalam sembilan kecamatan sudah menyelesaikan penghitungan suara.

Pasangan Jufri/Yusrizal unggul sementara di lima kecamatan, yaitu Jeumpa  (3.305 suara), Setia (2.321 suara), Babahrot (4.753 suara), Kuala Batee (5.550 suara), dan Blangpidie (5.587 suara). Sedangkan Fakhruddin/Burhanuddin Sampe tercatat unggul tipis di empat kecamatan, yaitu Susoh (6.352 suara), Manggeng (3.907 suara), Lembah Sabil (2.687 suara), dan Tangan-Tangan (3.629 suara).(riz/edi/nun/az/as)

Pos ini dipublikasikan di Fopkra, Partai Aceh, Politik dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s