Tito, Zul, Jufri Masih Memimpin


Rabu, 4 Juli 2012 09:51 WIB
* Protes Masih Mewarnai

BANDA ACEH – Meski pihak Komisi Independen Pemilihan (KIP) belum melakukan rekapitulasi hasil perolehan suara, namun data yang dihimpun di tingkat PPK, Desk Pilkada maupun posko-posko para kandidat mengindikasikan pasangan HT Alaidinsyah (H Tito)/Rachmat Fitri HD, HT Zulkarnaini/HM Jamin Idham, dan Ir Jufri Hasanuddin/Yusrizal Razali masih memimpin di Aceh Barat, Nagan Raya, dan Abdya.Data yang dihimpun tim wartawan Serambi di masing-masing daerah sepanjang Selasa kemarin masih tidak jauh berbeda dengan data sehari sebelumnya atau beberapa jam pasca-pencoblosan, baik di Aceh Barat, Nagan Raya maupun Abdya.

Data dari Desk Pilkada Aceh Barat pada Senin (2/7) malam, pasangan HT Alaidinsyah/H Rahmat Fitri HD mengumpulkan 50.015 suara (56,04 persen) sedangkan H Ramli MS/Moharriadi 39.229 suara (43,96 persen).

Dari KIP Nagan Raya, Selasa (3/7) diperoleh data perolehan suara pasangan Drs HT Zulkarnaini/HM Jamin Idham naik tipis dari sebelumnya 43.409 suara atau sekitar 51,21 persen menjadi 43.604 suara atau sekitar 51,19 persen. Sedangkan pasangan H Asib Amin/Djasmi Has MM meraih 41.608 atau sekitar 48,81 persen yang juga mengalami pergerakan dari sebelumnya 41.356 suara atau sekitar 48,79 persen.

“Ini baru data sementara, karena kami terus menghimpun data dari setiap desa dan kecamatan di Nagan Raya,” kata Sekretaris KIP Nagan Raya, Abdul Karim SP.

Pada waktu hampir bersamaan, Serambi juga mendapatkan data dari KIP Nagan Raya, di mana pasangan HT Zulkarnaini/HM Jamin Idham telah mengumpulkan 43.640 suara atau sekitar 51,19 persen. Sedangkan rivalnya, H Asib Amin/Djasmi Has MM 41.608 atau sekitar 48,81 persen.

Sementara itu dari Desk Pilkada Abdya juga telah dikumpulkan data sementara, di mana pasangan Ir Jufri Hasanuddin/Yusrizal Razali memperoleh 37.065 suara (51,17 persen) dan pasangan Ir M Fakhruddin/Drs HT Teungku Burhanuddin Sampe MM 35.377 suara (48,83 persen).

Informasi terbaru yang diterima Serambi dari KIP Aceh Barat, Selasa (3/7) menyebutkan, sebanyak lima PPK di Aceh Barat sudah mengembalikan logistik pilkada putaran dua, baik berupa tong maupun hasil penghitungan suara untuk pasangan HT Alaidinsyah/H Rahmat Fitri HD dan H Ramli MS/Moharriadi.

Ketua Pokja Pemunggutan Suara KIP Aceh Barat, Zarli Yanto mengatakan, PPK yang sudah menyerahkan logistik yaitu Woyla Barat, Woyla Timur, Arongan Lambalek, Meureubo, dan Johan Pahlawan, Sedangkan yang lainnya masih dalam tahap rekapitulasi di tingkat PPK setelah diteruskan oleh masing-masing desa. “Rekapitulasi tingkat kabupaten direncanakan pada 6-8 Juli 2012,” kata Zarli.

Nagan Raya
Perkembangan terbaru di Nagan Raya pada Selasa kemarin adalah, seratusan massa pendukung pasangan Asib Amin/Djasmi Has mendatangi Kantor KIP setempat memprotes hasil penghitungan suara yang dilakukan PPK di empat kecamatan yaitu Tripa Makmur, Suka Makmue, Tadu Raya, dan Seunagan.

Menurut pendukung Asib Amin/Jasmi Has, penetapan hasil perolahan suara di masing-masing kecamatan tersebut, sama sekali tidak ada saksi dari pasangan Asib Amin/Djasmi Has MM, karena saksi dari timses tersebut dikabarkan tak sempat menghadirinya.

Ketua KIP Nagan Raya, Teuku Abdul Rasyid bersama Ketua Panwaslu Teuku Yusmaidi Kamsuri dan aparat kepolisian melakukan negosiasi dengan Ketua Timses Asib Amin/Djasmi Has yaitu Zainal Abidin didampingi rekannya, Mustafa.

Hasil negosiasi tersebut antara lain, pihak KIP Nagan Raya memastikan akan melakukan pengecekan ulang terkait hasil rapat pleno di Seunagan dan Tadu Raya yang dijadwalkan Rabu (4/7). Sedangkan untuk kotak suara dan surat suara yang sudah sampai di KIP Nagan Raya masing-masing dari Kecamatan Suka Makmue dan Tripa Makmur akan dilakukan perhitungan ulang saat rapat pleno tingkat kabupaten yang akan dilakukan beberapa hari mendatang.

Abdya
Dari Abdya dilaporkan, Panwascam Setia merekomendasikan kepada PPK setempat untuk melakukan pemungutan suara ulang di TPS II Desa Alue Dama, karena menurut panwas ada pemilih yang memilih lebih dari satu kali di TPS yang sama.

Rekomendasi pemungutan suara ulang itu tertuang dalam surat Panwascam Setia tertanggal 3 Juli 2012 yang ditujukan kepada Ketua PPK Kecamatan Setia. Surat rekomendasi yang ditandatangani Ketua Panwascam Setia, Marhamah itu ikut ditembuskan kepada Ketua Panwas Kabupaten Abdya, Ketua KIP Abdya, Bupati dan Kapolres Abdya.

Terima kasih
Pasangan cabup/cawabup Aceh Barat, H Ramli MS/Moharriadi Syafari, Selasa (3/7) menggelar konferensi pers untuk menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung mereka pada pilkada putaran kedua. “Meski kami gagal, kami harus mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat kepada kami,” kata H Ramli MS didampingi Moharriadi Syafari.

Terkait adanya sejumlah temuan pelanggaran dalam pilkada, pasangan tersebut mennyerahkan sepenuhnya pengusutannya kepada pihak Panwaslu, KIP, dan kepolisian.(riz/edi/az)

Pos ini dipublikasikan di Fopkra, Partai Aceh, Politik dan tag , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s