Wagub Wacanakan Pergi Haji Via Laut


Selasa, 4 September 2012 15:49 WIB

SERAMBINEWS.COM,  BANDA ACEH – Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf mewacanakan pergi haji melalui kapal laut sejenis Star Cruise. Ongkos melalui kapal ini jauh lebih murah dibandingkan menggunakan pesawat terbang, katanya kepadaSerambinews.com

“Kalau memang memungkinkan kami menyarankan warga Aceh yang melaksaakan ibadah haji bisa melalui kapal laut. Kalau cocok, ini lebih murah dibandingkan menggunakan pesawat,” kata Muzakir Manaf, dalam pidato pelantikan panitia haji Embarkasi Banda Aceh dan tes makanan untuk JCH, Selasa (4/09/2012) di Asrama Haji, Banda Aceh.

Muzakkir bersemangat menjelaskan tentang rencana perjalanan haji via kapal laut. Ia mengaku sudah ada investor yang menyediakan kapal untuk membawa JCH via laut ke Mekkah. “Tahun depan kita berkoordinasi dengan pihak Deperteman Agama,” ujarnya.
Ditanya ulang, Muzakir Manaf kepada wartawanSerambinews.com menyatakan hal serupa. Kalau memang bisa dilakukan perjalanan haji untuk warga Aceh melalui laut maka ongkosnya sangat murah. “Tahun depan, kami akan berupaya untuk mewujudkan rencana ini,” kata Muzakkir.
Kepada Menteri Agama, Muzakir mendesak agar kuota haji untuk Aceh ditambah. Jangan biarkan masyarakat Aceh harus menunggu sampai 14 tahun baru bisa melaksanakan ibadah haji. Di Aceh banyak JCH yang sudah usia lanjut. Pemerintah harus memikirkan kondisi ini. “Tambahlah kuota haji untuk Aceh sebanyak-banyaknya sehingga daftar tunggu tidak terus bertambah,” pinta Muzakkir Manaf.
Seorang pejabat Kemenag Aceh yang tidak mau disebutkan namanya menyatakan kalau saran Wagub agar JCH Aceh tahun depan bisa berangkat haji dengan kapal laut suatu hal yang sangat baik.  ” Kalau sebatas wacana tidak ada persoalan, tetapi untuk implementasi harus berkoordinasi dengan Kementerian Agama serta pihak terkait langsung dengan ibadah haji. Ini persoalan antara negara dan bukan antara satu daerah dengan daerah lain.” kata pejabat.
Kemudian pejabat itu mengatakan kalau haji via kapal laut, maka Aceh seperti zaman lampau. Untuk sampai ke Mekkah butuh waktu 21 hari dan pulang 21 hari. Sehingga waktu yang dibutuhkan untuk pulang pergi sekitar 42 hari. Kemudian JCH harus tinggal disana selama 42 hari, sehingga butuh waktu sekitar tiga bulan tinggal di Mekkah. Berapa biaya yang harus dikeluarkan JCH selama tiga bulan di sana, dan bandingkan dengan perjalanan ibadah haji via udara yang hanya butuh waktu sekitar 30 hari, ujar sumber tersebut sambil terkekeh. (swa)
Pos ini dipublikasikan di Fopkra, Pemerintahan dan tag , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s