Bila Berkibar di Medan, Akan Diturunkan


Jumat, 5 April 2013 11:41 WIB

MEDAN – Polda Sumut memastikan akan menurunkan bendera Aceh seandainya ditemukan berkibar di wilayah Sumut. Seluruh daerah perbatasan juga dijaga ketat untuk mengantisipasi masuknya bendera yang mengundang kontroversial itu.
Tindakan tegas itu disebut Kabid Humas Polda Sumut Kombes Heru Prakoso untuk mengantisipasi terjadinya gejolak di kalangan masyarakat. Sebab keberadaan masyarakat Aceh di Sumut tergolong tinggi, sehingga tidak menutup kemungkinan simpatisan pendukung bendera itu berhasrat mengibarkannya.

“Monitor selama ini belum ditemukan pengibaran bendera itu. Tapi kalau ada, pasti diturunkan,” kata Heru ketika ditemui di Jalan Agus Salim, Medan Polonia, Kamis (4/4) petang.

Penurunan itu disebutnya bukan karena Polda Sumut menganggap bendera didominasi warna merah itu sebagai pelanggaran hukum. Karena sampai saat ini, pembahasan pengesahan qanun bendera masih digodok di Kemendagri. Penurunan itu ditegaskan Heru hanya untuk mencegah terjadinya polemik di Sumut.”Itu kan sekarang lagi prokontra di Aceh. Dan belum ada keputusan. Makanya kita sifatnya antisipasi saja,” ujarnya.

Pengawasan kemungkinan masuknya bendera itu ke Sumut dilakukan polisi dengan menjaga ketat perbatasan, seperti Langkat, Dairi, dan Pakpak Bharat. Ia sendiri mengaku tidak mau membahas mendalam keberadaan bendera Aceh itu karena bersifat politik.

Mantan Kapolres Tebingtinggi ini mengimbau masyarakat Aceh di Sumut tetap menjaga kekondusifan keamanan, dan tidak mudah terpancing isu yang tak jelas. “Kita ini kan hanya mendengar dari media kalau ada yang menolak dan mendukung. Jadi jangan mudah terpengaruh dengan begituan,” tandasnya.(mad)

Sumber : http://aceh.tribunnews.com/2013/04/05/bila-berkibar-di-medan-akan-diturunkan

Pos ini dipublikasikan di Bendera Aceh, Pemerintahan, Politik, Sejarah dan tag , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s