Mendagri: Semoga tak Menemui Jalan Buntu


Sabtu, 13 April 2013 16:10 WIB

MENTERI Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi berharap agar pembahasan bendera Aceh yang dijadwalkan berlangsung Sabtu (13/4) tidak menemui jalan buntu. Mendagri yakin ada kemauan Gubernur dan DPR Aceh untuk menyelesaikan permasalahan itu.

Gamawan mengingatkan, qanun tidak boleh bertentangan dengan UU yang berlaku di Indonesia. Ia pun menegaskan Bendera Aceh (Bintang Bulan, red) saat ini sama persis dengan Bendera GAM.

“Bukan hanya mirip tapi sama. Padahal di UU kita mirip saja tidak boleh, pada pokoknya saja tidak boleh. Karena itu kita minta disesuaikan dan diklarifikasi,” tutur Mendagri sebagaimana dikutip dan dilansir tribunnews.com.

Ketika ditanyakan apa langkah yang dilakukan pemerintah jika hasilnya tidak seperti yang diharapkan, Gamawan tetap optimis dengan pertemuan tersebut. “Saya yakin ada solusi dan kita yakin akan penyelesaiannya,” tukas Mendagri di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (12/4).

 Optimis selesai
Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Arif Wibowo yang dimintai tanggapannya mengatakan Pemerintah RI masih melakukan lobi terkait persoalan Bendera Aceh. Pemerintah melibatkan banyak tokoh informal yang berhubungan erat dengan penandatangan Perjanjian Helsinki.

“Kita optimis pemerintah dapat menyelesaikan masalah tersebut. Pemerintah dapat mengingatkan kembali soal kesepakatan-kesepakatan MoU Helsinki,” kata Arif di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (12/4).

Arif juga meyakini Pemerintah Aceh akan mengganti Bendera Aceh yang saat ini sama dengan Bendera GAM. “Yang terpenting memberikan kesepahaman dan kesadaran bagi Pemerintah Aceh, DPR Aceh, dan rakyat Aceh. Soal lambang simbol sepanjang tidak menggunakan simbol separatisme pada masa lalu. Itu kita harap dapat diterima,” tutur politisi PDIP tersebut.(tribunnews/nas)

Sumber : http://aceh.tribunnews.com/2013/04/13/mendagri-semoga-tak-menemui-jalan-buntu

Pos ini dipublikasikan di Bendera Aceh, Pemerintahan, Politik, Sejarah dan tag , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s